Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Contoh Pidato Muharram Th. Baru Islam atau juga Hijriah, teranyar singkat. Seperti yang sahabat ikmal kenali, di bln. Muharram sukai di selenggarakan beragam aktivitas yang di selenggarakan untuk memeriahkan datangnya bulan Muharram.

Dan untuk memudahkan para ihkwan semua, di sini kita akan memberikan salah satu dari contoh pidato singkat tentang peringatan tahun baru islam Muharram.

contoh pidato singkat


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para ihkwan ikmal  yang berbahagia Saudara - saudara sebangsa dan setanah air. Marilah kita pan
jatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan-Nya kepada kita sekalian. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabat serta segenap pengikut beliau hingga akhir zaman.Amin.!

Pada saat ini umat Islam memasuki Tahun Baru 1 Muharram 1429 Hijriyah. Momentum tahun baru hijriyah selalu mengingatkan kita pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad S.A.W dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah.

Hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad 15 abad yang silam adalah suatu mata rantai perjuangan untuk
membangunn tatanan kehidupan masyarakat yang memberi jaminan kebebasan menegakkan akidah, menjalankan ibadah, serta merealisasi ajaran Islam yang menjadi rahmatan lil alamin, rahmat bagi alam semesta.

Di kota Madinah. Rasulullah mengembangkan peradaban Islam yang membawa perdamaian dan keselamatan hidup dunia dan akhirat. Peristiwa hijrah merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan agama Islam ke seluruh dunia, sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan Tahun Baru Islam. Dengan demikian, semangat dan nilai - nilai Tahun Baru Hijriyah adalah nilai - nilai perubahan menuju keadaan yang lebih baik dalam segala bidang. Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia Saudara - saudara sebangsa dan setanah air.

Umat Islam perlu memaknai hijrah dalam perspektif kekinian sebagai momentum untuk memperbarui sikap mental dan perilaku sebagai individu dan masyarakat. Dalam kondisi kehidupan bangsa kita yang sedang diuji dengan berbagai persoalan moral, sosial, ekonomi dan terjadinya bencana alam di berbagai daerah, momentum Tahun Baru Hijriyah hendaknya menyadarkan kita agar melakukan introspeksi diri dan introspeksi sosial sehingga kita dapat keluar dari berbagai masalah dan bencana itu.

Relevansi hijrah pada saat ini adalah hijrah dari sikap mental dan perilaku yang menyebabkan ketertinggalan umat kepada sikap mental dan perilaku yang mendorong kemajuan, hijrah dari pertikaian dan perpecahan kepada persaudaraan dan persatuan, hijrah dari sikap mementingkan diri dan golongan sendiri kepada sikap peduli kepada kepentingan bersama.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air. Dalam era globalisasi ini umat Islam perlu meningkatkan pendidikan dan penguasaan teknologi untuk dapat mengolah dan memanfaatkan nikmat Allah di alam semesta untuk kesejahteraan umat manusia. Peradaban Islam yang pernah jaya di masa lalu adalah ditopang oleh keunggulan ilmu, teknologi serta ekonomi, di samping keunggulan akidah umat Islam yang hanya menyembah Allah.

Dalam Al Quran dinyatakan bahwa Allah telah menghamparkan daratan dan lautan sebagai sumber penghidupan bagi manusia. Untuk itu Allah mengingatkan manusia bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka sendiri merubah apa yang ada pada dirinya.

Pergantian tahun bagi umat Islam bukanlah saat untuk berhura-hura, tetapi saat untuk membenahi diri dan masyarakat. Marilah kita memetik hikmah dari peristiwahijrahnya Nabi untuk dapat meningkatkan kualitas umat dan bangsa menuju kehidupan yang lebih sejahtera dan bermartabat. Akhirnya saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1429 Hijriyah kepada seluruh umat Islam. Semoga kita dapat mewujudkan hari depan yang lebih baik.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Semoga dengan adanya dari Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram singkat dan padat yang tersedia di blog ikmalq menjadi referensi untuk para ihkwan yang di muliakan ALLAH.S.W.T..Amin.!

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

IKMAL

Follow Us

Diberdayakan oleh Blogger.